Be Amazing Muslimah ! [Part 1]

 

Di dalam Al-Quran diceritakan bahwa wanita dan laki-laki memiliki derajat yang sama, tidak ada keterangan bahwa Hawa sebagai wanita pertama di bumi tercipta dalam kondisi lebih rendah dari Nabi Adam AS.

Dari Abu Hurairah R.A berkata: Rasulullah SAW bersabda:

“Berpesan baiklah terhadap para wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok ialah yang paling atas.

Jika engkau paksa meluruskannya dengan kekerasan akan patah dan jika engkau membiarkannya pasti akan tetap bengkok, oleh karenanya berpesan baiklah terhadap para wanita.”

( Hadits Sahih Riwayat Bukhari dan Muslim ).

Terdapat perbedaan antara sebelum datangnya islam dan sesudah datangnya islam pada zaman Jahiliyah.
Sebelum datangnya islam, kedudukan wanita sangat direndahkan di bumi ini, terutama di Arab, setiap bayi perempuan lahir harus dimatikan dengan cara dikubur hidup-hidup, terjadi diskriminasi pada kaum wanita, wanita muda dijadikan penghibur lelaki sedangkan wanita dewasa dijadikan budak, dan membiarkan hidup dalam kehinaan dan kesengsaraan.

Begitu rendahnya kedudukan wanita pada saat itu. Namun, kemudian islam datang membawa rahmat bagi alam semesta. Setelah datangnya islam, tidak ada diskriminasi pada kaum wanita, wanita memiliki kedudukan yang mulia dan terhormat.

Terlihat jelas bagaimana Allah begitu memuliakan wanita:

1. Allah memerintahkan kita untuk menutup aurat.

Bukan dikekang, tapi agar dia tidak diganggu dan mudah dikenal.

2. Muslimah bisa masuk ke pintu surga manapun yang dia sukai dengan melakukan 4 perkara

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”.
(HR. Ahmad dari Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu’anhu dan dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albany).

Jadi, cukup dengan melakukan 4 perkara tersebut, muslimah dapat masuk ke pintu surga yang manapun dia mau.

3. Wanita yang meninggal ketika melahirkan termasuk mati syahid

Dari ‘Uqbah bin Amir bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Lima hal yang jika seseorang mati pada sebagian darinya maka ia syahid, yaitu orang yang terbunuh dijalan Allah adalah orang yang syahid, orang yang tenggelam dijalan Allah adalah orang yang syahid, orang yang sakit perut dijalan Allah adalah orang yang syahid, orang yang terkena terkena sakit pes dijalan Allah adalah orang yang syahid, dan orang yang mati ketika melahirkan di jalan Allah adalah orang yang syahid.

(H.R. An-Nasai)

4. Allah memperbolehkan wanita menggunakan perhiasan emas, sedangkan laki-laki diharamkan

Mengapa ?
Atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit melalui pori-pori dan masuk ke dalam darah manusia. Jika seorang pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan: di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam kadar yang melebihi batas (dikenal dengan sebutan migrasi emas).

Jika itu terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan mengakibatkan penyakit Al zheimer. Sebab, jika tidak dibuang, maka dalam jangka waktu yang lama atom emas dalam darah ini akan sampai ke otak dan memicu penyakit Al zheimer.

Alzheimer adalah suatu penyakit dimana penderitanya kehilangan semua kemampuan mental dan fisik, menyebabkannya kembali seperti anak kecil.
Wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui menstruasi. Itulah sebabnya Islam mengharamkan pria mengenakan perhiasan emas dan membolehkan wanita memakainya.

Bersambung…

Disampaikan oleh : Ressa Rere
Ditulis oleh : Irma Yuliana Nurmalasari
Sabtu, 12 November
Seminar Muslimah Beauty #2
Keluarga Muslim Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s